fbpx
08.00 - 16.00 WIB
081.326.350.313
081.326.350.313

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Kenali Jenis Ronce Melati Pengantin Jawa

Tuesday, November 30th 2021.

Kenali Jenis Ronce Melati Pengantin Jawa

Kenali Jenis Ronce Melati Pengantin Jawa. Pakem riasan di pernikahan adat Jawa tidak lepas dari bunga melati. Bunga melati yang masih kuncup dijalin dengan benang sehingga membentuk hiasan di tubuh pengantin yang apik sekaligus harum. “Bunga melati pengantin Solo Putri dan Solo Basahan hampir sama, bedanya di panjang dan pendeknya Melati Tibododo dan bentuk tutup sanggul,”

1. Melati Tibododo
Melati Tibododo yaitu Bunga melati kuncup yang menjuntai dari kepala, sampai ke pinggan pengantin wanita. Pada ujung Melati tibododo terdapat sebuah untaian bunga gading yang masih kuncup.
Model Melati Tibododo di riasan Khiyang Ayu memakai jenis rangkaian wiji timun. Pakemnya di Pengantin solo putri panjang tibododo hanya sampai pinggan sedangkan panjang dari tibododo solo basahan sampai paha.

2. Sintingan
Sintingan yaitu ronce melati dengan jenis rangkaian ‘bawang sebungkul’ dengan untaian bunga gading yang masih kuncup di ujungnya. Ronce ini juga memakai bunga melati yang masih kuncup. Jika Melati Tibodod di sematkan di bagian kanan, sintingan di sematkan pada konde di sebelah kiri tepat di belakang telinga dan panjangnya sintingan hanya sampai pundak pengantin.

Kenali Jenis Ronce Melati Pengantin Jawa1

3. Ronce Melok
Ronce Melok yaitu bunga melati yang susun sedemikian rupa dan berbentuk bulat, lalu di sematkan pada Tibo Dodo. Di bagian tengah melok bisa diisi dengan bunga mawar atau bunga lain, disesuaikan keinginan pengantin atau perias. Tidak sama seperti Melati Tibo Dodo dan Sintingan yang menggunakan bunga melati kuncup, ronce melok memakai bunga melati yang hampir mekar.

4. Melati Keket
Keket di gunakan di atas sanggul untuk menjadi batas antara rambut asli dan sanggul. bunga melati ini di awali dengan menusukkan badan bunga melati ke kawat khusus sebanyak-banyaknya dengan pola yang sudah ditentukan. Pola ini membuat bunga tampak melingkar dan dibuat sepanjang lebar sanggul yang akan di gunakan. Melati Keket juga memakai bunga melati yang hampir mekar seperti bunga melati pada melok.

5. Tutup Sanggul
Tutup Sanggul yaitu ronce melati jenis rangkaian ‘kawung’ guna untuk menutupi sebagian atau keseluruhan sanggul. Tutup Sanggul pengantin Solo Basahan menutupi keseluruhan sanggul,
sehingga sanggul seakan dibalut dengan bunga melati. Dan pada Solo Putri, tutup sanggul hanya menutupi sebagian sanggul.

6. Melati Kalung
Melati kalung ini di pakai oleh pengantin pria. Biasanya pengantin Solo memakai melati kalung melati dengan jenis rangkaian Bawang Sebungkul atau Gajah Oling. Biasanya jenis rangkaian yang di pakai disamakan pada selera perias. kadang pengantin pria tidak memakai kalung melati, tetapi memakai aksesoris kalung berwarna keemasan seperti yang di pakai oleh Bobby Nasution.

7. Melati Keris
Melati Keris ada 2 jenis rangkaian bunga melati pada keris yang di pegang oleh pengantin pria. Pertama jenis rangkaian ‘bawang sebungkul’ dan, kedua ‘usus-ususan’. Rangkaian ‘bawang sebungkul’ di pakai untuk membuat kolong atau kalung keris dan mememakai bunga melati kuncup. Tetapi untuk merangkai ‘usus-ususan’ menggunakan bunga melati setengah mekar yang di rangkai seperti ditumpuk-tumpuk kemudian disambungkan pada kolong keris. Tetapi biasanya di kasih tambahan melok mawar di sambungan roncean kolong ‘usus-ususan’.

8. Melati Sumping
Melati Sumping yaitu salah satu bunga melati yang dipakai oleh pengantin pria. Sumping tersebut terbuat dari bunga melati setengah mekar dan ditusuk menggunakan lidi. Sumping tersebut diselipkan pada telinga kiri dan kanan pengantin pria.

New
Rp 200.000
New
Rp 200.000
New
Rp 200.000
New
Melati Jogja Paes Ageng Mutiara 70cm

5%

Rp 210.000 220.000
Limited
Melati Jogja Paes Ageng

4%

Rp 215.000 225.000
New
Rp 55.000

Cari Produk

Cek resi

Hubungi Kami

081.326.350.313
081.326.350.313

Pengiriman

Produk Bestseller

Produk Terbaru