08.00 - 16.00 WIB
081.326.350.313
081.326.350.313

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
Menu

Menggunakan Melati Pengantin di Berbagai Adat Pernikahan

Thursday, September 30th 2021.

Menggunakan Melati Pengantin di Berbagai Adat Pernikahan

Menggunakan Melati Pengantin di Berbagai Adat Pernikahan yang menggunakan konsep modern ataupun menggunakan konsep adat sangat identik memakai bunga sebagai aksesoris ataupun bisa juga di gunakan sebagai pajangan dekorasi penikahan. contoh salah satu jenis bunga yang biasanya di kenakan dalam pernikahan adalah melati pengantin

Menggunakan bunga melati di acara adat pernikahan pastinya tidak terlihat asing lagi di karenakan hampir seluruh adat pernikahan di indonesia memakai bunga melati di dalam acara adat pernikahan tersebut sebagai salah satu hal yang wajib ada.

Menggunakan bunga melati pada acara adat pernikahan pastinya tidak perlu di pertanyakan lagi. Karena bunga melati di identikkan sebagai simbul kesucian.
Karena mengingat fungsi dan pentingnya bunga melati pada prosesi pernikahan jadi akan di jelaskan di bawah ini beberapa penggunaan bunga di berbagai adat pernikahan di indonesia.
Adapun dengan ini penjelasan detailnya sebagai berikut :

1.Pernikahan Adat Jawa

paes_solo_putri

 melati jawa jogja/solo

Dalam Pernikahan Adat Jawa khususnya, kamu pasti akan tau para pengantinnya pasti memakai melati. Perlu di ketahui bahwa pada acara Pernikhan Adat Jawa, bunga melati pengantin di pakai pada keseluruhan baju adat pengantin jawa sebagai salah satu unsur pentinng dan wajib.

Dari beberapa salah satu model aksesoris yang di buat dari melati dan wajib di gunakan oleh pengantin wanita adalah ronce melati. ronce melati dengan bentuk bawang sebangkul dan terdiri dari tiga untaian melati. Ronce Melati Tibododo ini memiliki model dan ukuran yang Berbeda-beda

Selain di pakai sebagai Ronce melati yang berbentuk untaian bawang sebangkul, beberapa model bunga melati pengantin wanita juga di pakai sebagai hiasan pada sanggul.

Sedangkan di pengantin laki-laki, bunga melati di pakai sebagai kalung atau bisa juga sebagai aksesoris hiasan untuk keris. Hiasan melati untuk keris beda dengan hiasan yg di pakai pada pengantin wanita.

Hiasan bunga melati pengantin di keris berbentuk usus-usus karena terikat sejarah penggunaan bunga melati di keris tersebut.

Perlu di ketahui biasanya bunga melati yang di pakai saat Pernikahan Adat Jawa merupakan bunga melati yang dalam keadaa masih kuncup.

2. Pernikahan Adat Sunda

melati_sunda_jurai_gerompol

Jual melati adat sunda

Seperti penjelasan di atas bahwa pernikahan sangat identik menggunakan bunga melati untuk hiasan pengantin atau dekorasi. Selain di pakai dalam Pernikahan Adat Jawa, aksesoris pengantin di sebut juga Ronce melati ternyata di gunakan juga untuk menemani ke anggunan baju Pengantin Adat Sunda.

Bunga ini sebenarnya bisa di ganti dengan memakai bunga sedap malam, hanya saja akan kelihatan lebih sakral dan penuh makna. Jika kita memakai melati pengantin karena mengerti makna di balik bunga itu sendiri ada makna yang sangat mendalam yaitu kesucian.

Ronce melati adat sunda ini terdiri dari mangle sisir, mangle susun, mangle pasun dan mayangsari. Tidak jauh dari arti Melati Ronce, karena melati mempunyai makna Kesucian dan Kemurnian dari mempelai perempuan.

Maknanya sangat dalam sekali bukan, jadi selain menambah kecantikan kamu atau calon mempelai bunga melati ini juga akan memberikan aura positif bagi darimu dan calon mempelai wanita

3. Pengantin Adat Batak

  melati adat batak

Jika kita mengetahui Pengantin Adat Batak memakai warna-warna mencolok seperti warna kuning, emas, merah dan warna-warna mencolok lainnya dalam Pernikahan Adat Batak.

Maka harus di ketahui ternyata di Pernikahan Adat Batak juga memanfaatkan dan menggunakan bunga melati pengantin untuk salah satu aksesoris wajib yang di pakai oleh pengantin wanitanya.

Sekilas kita bisa melihat bunga melati yang di pakai oleh Pengantin Adat Batak seperti sedang memakai Ronce Melati khas jawa. Di mana pada bagian depan dengan ukuran yang lebih besar dan panjang sedangkan yang kecil di letakkan menghadap ke belakang.

4. Pengantin Adat Palembang

adat palembang

   melati adat palembang

Ada perbedaan dengan Ronce Melati yang di pakai dalam adat jawa, Sunda ataupun di Batak karena pemakaian Ronce Melati pada wanita yang menikah dengan memakai konsep model adat palembang akan meletakkan Ronce Melati di bagian samping pelipis dan di kepala.

Karena Di bagian Ronce Melati berada tepat di samping peslipis yaitu hanya terdiri dari bunga melati saja. Jauh berbeda dengan Ronce Melati yang ada di daerah luar di samping dari Ronce Melati yang paling dalam. Karena Ronce Melati di bagian luar di tambah dengan lembaran bunga lain.

pemakaian aksesoris kepala dan Mahkota yang berwarna putih di tambah dengan warna emas dari Melati Pengantin mempunyai arti melambangkan kesucian. Karena aksesoris bunga melati ini menjadikan Pengantin Adat Palembang lebih menarik dan cantik pada acara di hari pernikahannya

5. Pengantin Adat Betawi

adat betawi

 melati adat Betawi 

Penganti Adat Betawi berbeda dengan yang lainnya, aksesoris di Pernikahan Adat Betawi di kenal hampir mirip dengan aksesoris Pengantin Tionghoa

Apakah kamu tau ternyata di dalam Pernikahan Adat Betawi juga memakai dan memanfaatkan bunga melati untuk salah satu aksesoris wajib yang di pakai oleh pengantin wanitanya.

Bunga rangkaian melati pengantin yang di gunakan oleh pengantin wanita asal Betawi ini hampir menyerupai rangkaian melati yang di pakai oleh wanita asal Palembng. Perbedaannya hanya saja terletak di bagian panjang dari untaian melati tersebut.Ternyata untaian bunga melati Betawi lebih panjang di bandingkan adat Palembang.

6. Pengantin Adat Madura

adat madura

   jual melati madura

Saat ini yang kita tau bahwa Pengantin Adat Madura memakai konsep acara pernikahan layaknya Pernikahan Adat Jawa. Ternyata hanya saja perbedaan yang menolok di antara keduanya.

Salah satunya adalah pemakaian bunga melati sama persis dengan adat jawa, adat Madura juga memakai melati untuk salah satu aksesoris wajib yang harus di gunakan oleh pengantin wanitanya.

Di indonesia, adat Madura di kenal sebagai salah satu suku atau adat yang paling boros di pemakaian bunga melati dalam acara pernikahan. Karena di Pernikahan Adat Madura pengantin wanitanya akan memakai untaian bunga melati pengantin dengan jumlah yang banyak dan sangat panjang.

7. Pengantin Adat Aceh

adat aceh

Sekian banyaknya dari adat pernikahan yang memakai melati untuk salah satu aksesoris wajib yang di pakai oleh pengntin wanita, Pengantin wanita asal Acaeh akan melihatkan perbedaan dari Pernikahan Adat Aceh.

Di karenakan hal ini berbeda dengan pemakaian bunga melati penganti pada pernikahan adat lainnya. karena pada Pengantin Adat Aceh Wanita atau Pengantin Adat Aceh akan memakai melati untuk hiasan di bagian dahi atau terlihat layaknya seperti bando

Pemakaina aksesoris seperti bando ini akan sangat menambah kecantikan dari wanita-wanita Aceh khususnya Pengantin Aceh. Apalagi kalau di tambah dengan aksesoris seperti mahkota khas Aceh.

Demikian beberapa pernikahan adat atau suku yang menggunakan dan memanfaatkan bunga melati untuk salah satu aksesoris wajib yang di pakai oleh mempelainya. Sekian banyak adat atau suku yang memakai bunga melati dalam pernikahan baik melati asli maupun melati dengan bahan tiruan. Kenyatanya masih ada banyak yang memakai bunga melati tersebut.

D

New
Rp 155.000
New
Rp 85.000
New
Rp 85.000
New
Rp 85.000
New
Melati Solo Putri Mekar Ganda 3 Tibododo

5%

Rp 162.000 170.000
New
Melati Solo Putri Nan Menawan

4%

Rp 213.000 223.000

Cari Produk

Cek resi

Hubungi Kami

081.326.350.313
081.326.350.313

Pengiriman

Produk Bestseller